Visi dan Misi
A. Visi Sekolah
“Terwujudnya Peserta didik Yang Beriman, Berprestasi, Berkarakter Pancasila dan Berwawasan Lingkungan.”
B. Indikator Visi
1. Terwujudnya peserta didik yang taat beribadah dan menunjukkan minat yang tinggi terhadap kegiatan-kegiatan keagamaan.
2. Peserta didik mampu meraih prestasi unggulan dalam bidang akademik dan non akademik.
3. Terwujudnya pendidikan yang mengedepankan pembentukan Profil Pelajar Pancasila, yang memiliki enam dimensi utama yaitu: Beriman bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan berakhlak mulia, mandiri, bernalar kritis, kreatif, bergotong-royong, dan berkebinekaan global.
4. Peserta didik menunjukkan minat dan perhatian yang tinggi terhadap masalah lingkungan hidup dan berpartisipasi aktif dalam menjaga kebersihan, penghijauan serta program adiwiyata di lingkungan sekolah.
C. Misi Sekolah
1. Meningkatkan ketakwaan, mengembangkan kedisiplinan melalui berbagai kegiatan kesiswaan, keagamaan, ekstrakurikuler dan kegiatan lain yang berakar budaya bangsa.
2. Melaksanakan pembinaan siswa di bidang akademik dan non akademik.
3. Mengefektifkan pelaksanaan tugas sesuai TUPOKSI.
4. Mengedepankan pembentukan Profil Pelajar Pancasila yang memiliki enam dimensi utama yaitu: Beriman bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan berakhlak mulia, mandiri, bernalar kritis, kreatif, bergotong-royong, dan berkebhinnekaan global.
5. Menciptakan lingkungan sekolah yang hijau dan sejuk dengan kegiatan 7K (Keamanan, Ketertiban, Kebersihan, Keindahan, Kekeluargaan, Kesehatan, dan Kerindangan).
D. Tujuan Satuan Pendidikan
Tujuan pendidikan pada SD Negeri Kepandean 03 adalah langkah untuk mewujudkan visi sekolah dalam jangka waktu tertentu. Tujuan pendidikan yang diharapkan yaitu:
1. Tujuan Jangka Pendek
a. Meningkatnya kualitas dan kuantitas kegiatan agamis di sekolah.
b. Meningkatknya prestasi peserta didik pada lomba akademik dan non akademik seoptimal mungkin.
c. Terwujudnya pendidikan menggunakan pendekatan atau model yang beragam.
d. Terlaksananya proyek penguatan Profil Pelajar Pancasila untuk seluruh peserta didik minimal dua kali dalam setahun.
e. Terlaksananya partisipasi aktif siswa dalam menjaga kebersihan, penghijauan dan program adiwiyata di lingkungan sekolah.
2. Tujuan Jangka Menengah
a. Seluruh warga sekolah memiliki keimanan dan ketaqwaan yang mantap sebagai landasan berperilaku dalam kehidupan sehari-hari.
b. Terlaksananya proses pembelajaran yang efektif dan efisien dalam mencapai prestasi akademik.
c. Menghasilkan lulusan yang berkualitas dan berani bersaing.
d. Potensi peserta didik dapat berkembang dengan baik dalam bidang olah raga dan seni budaya, sehingga memperoleh kejuaraan dalam lomba di tingkat kabupaten dan propinsi.
e. Peserta didik yang memiliki kecerdasan dan bakat istimewa mampu meraih prestasi unggulan dalam bidang akademik dan non akademik.
f. Tercapainya peserta didik yang memiliki karakter cinta tanah air dan kebhinnekaan serta berbudaya baik lokal maupun global dalam pembelajaran dan kehidupan sehari-hari.
g. Tercapainya peserta didik yang memiliki karakter mandiri, bernalar kritis, dan kreatif serta gotong royong dalam pembelajaran dan kehidupan sehari-hari.
h. Terlaksananya kegiatan 7K (Keamanan, Ketertiban, Kebersihan, Keindahan, Kekeluargaan, Kesehatan, dan Kerindangan) di sekolah dalam rangka mewujudkan sekolah yang berwawasan lingkungan.
3. Tujuan Jangka Panjang
a. Tercapainya peserta didik yang memiliki karakter keimanan dan ketaqwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa serta berakhlak mulia dalam pembelajaran dan kehidupan sehari-hari.
b. Pendidik dan peserta didik mampu menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi informasi.
c. Peserta didik memiliki kecakapan hidup.
d. Terlaksananya pengintegrasian nilai Profil Pelajar Pancasila dalam perancanaan, pelaksanaan, penilaian pembelajaran untuk semua mata pelajaran serta kegiatan pembiasaan rutin sekolah dan budaya sekolah.
e. Terciptanya lingkungan sekolah yang terdidik, dinamis, agamis, normatif, aman, nyaman, rapi, indah, dan penuh dinamika ilmiah.